cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmanajemenpendidikan.uki@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mayjend Sutoyo No. 2 Cawang, Jakarta Timur, 13630 Telp.021-8009190. Ext.441. Fax 021-8094050
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN : 23015594     EISSN : 27459543     DOI : https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3269
Core Subject : Science, Education,
The Journal of Education Management publishes scientific papers in the form of conceptual ideas, studies and application of theories as well as research results in education and teaching at the elementary, junior/senior high, and university/college levels. Journal of Educational Management aims to be a medium for disseminating conceptual ideas of studies and application of theories along with research results in the scope of elementary education, junior/senior high education, and university/college education. Publication about scientific works pays attention to signs in scientific studies that can be accounted for and pays attention to ethics, morals in writing scientific papers
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2014): JULI" : 6 Documents clear
PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA STUDI DI SMP NEGERI 80 JAKARTA TIMUR Amos Neolaka
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 3 No 2 (2014): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.239 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pelaksanaan pengelolaan laboratorium IPA di SMP Negeri 80 Jakarta Timur. Dalam peneliti ini dicoba untuk mendapatkan jawaban masalah yang ada, serta mengetahui dan mengungkapkan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakkan (actuating)/pengarahan (directing), dan pengawasan (controlling) laboratorium IPA di SMP Negeri 80 Jakarta Timur. Pendekatan penelitian ini ditekankan kepada pendekatan kualitatif dengan teknik sampling purposive. Peneliti melakukan wawancara terhadap 5 (lima) nama subjek dari pihak sekolah SMP Negeri 80 Jakarta Timur yaitu :1 (satu) kepala laboratorium, 3 (tiga) guru IPA, dan 1 (satu) laboran, serta 6 (enam) nama subjek siswa SMP Negeri 80 Jakarta Timur.Hasil penelitian, dalam pendidikan IPA kegiatan laboratorium merupakan bagian integral dari kegiatan belajar mengajar. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peranan kegiatan laboratorium untuk mencapai tujuan pendidikan IPA. Tapi kenyataannya, pemanfaatan keadaan laboratorium IPA di SMP Negeri 80 Jakarta Timur masih sangat minim. Laboratorium tidak digunakan dengan maksimal dan pemanfaatan pengelolaannya sebagi sumber belajar belum optimal. Disebabkan karena kemampuan dan penguasaan laboran terhadap peralatan masih belum memadai, banyaknya alat-alat laboratorium dan bahan yang sudah rusak yang belum diadakan kembali dan tidak cukupnya/terbatasnya alat-alat dan bahan mengakibatkan tidak setiap siswa mendapatkan kesempatan belajar untuk mengadakan eksperimen.Kesimpulan adalah pelaksanaan pengelolaan laboratorium yang berkaitan dengan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakkan (actuating)/pengarahan (directing) dan pengawasan (controlling) laboratorium IPA di SMP Negeri 80 Jakarta Timur belum optimal. Tidak menetapkan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan, belum terakomodir dengan baik antara seluruh pemakai laboratorium, penggerakkan/pengarahan di laboratorium IPA belum maksimal, terlihat laboran yang tidak selalu berada di laboratorium. Kegiatan memonitori dan mengevaluasi laboratorium IPA juga belum terlaksana dengan baik, terlihat dari kondisi laboratoriumnya yang belum optimal.Kata Kunci : pengelolaan, laboratorium, IPA
HUBUNGAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH YAYASAN MAHANAIM KECAMATAN RAWALUMBU KOTA BEKASI Amos Neolaka
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 3 No 2 (2014): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.842 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan kepala sekolah dan disiplin kerja guru dengan kinerja guru. Tempat penelitian di sekolah Yayasan Mahanaim Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi. Populasi penelitian adalah para guru dari 3 sekolah Yayasan Mahanaim Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi sebanyak 70 guru. Teknik pengambilan sampel adalah propotional randomized sampling atau pengambilan sampel acak dengan memperhitungkan proporsi jumlah guru untuk setiap sekolah sehingga diperoleh sebanyak 20 orang untuk sampel uji coba dan 50 orang untuk sampel penelitian. Instrumenpenelitian adalah angket, dan memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Analisis data mempergunakan uji korelasi dan regresi.Hasil penelitian adalah: (1) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan kepala sekolah dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0.223 dan koefisien determinasi sebesar 0.050 (2) Terdapat hubungan yang positif antara disiplin kerja guru dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0.202 dan koefisien determinasi sebesar 0.041 (3) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan kepala sekolah dan disiplin kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi berganda sebesar 0,277 dan koefisien determinasi sebesar 0.077.Kesimpulannya adalah kinerja guru dapat ditingkatkan melalui usaha peningkatan kemampuan kepala sekolah dan disiplin kerja guru yang lebih baik. Usaha untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah yaitu dengan memotivasi, mempengaruhi, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan/kemajuan sekolah, komitmen untuk meraih prestasi kerja, memilih pelaksanaan kerja yang terbaik, memecahkan masalah yang adaptif, antisipatif dan bersinergi. Usaha untuk meningkatkan disiplin kerja guru dapat dilakukan dengan sikap mental yang taat, tertib dan kesadaran dari dalam dirinya untuk menjalankan tugas dan wewenangnya, bekerja dengan baik, tekun, rajin dan berdedikasi tinggi, selalu hadir tepat waktu, pengendalian diri dari penyimpangan aturan maupun peraturan yang telah ditentukan.Kata Kunci : Kemampuan, disiplin, dan kinerja guru
MANAJEMEN PROGRAM CAS (Creativity, Action, Service) DI GLOBAL JAYA INTERNATIONAL SCHOOL DI BINTARO JAYA SEKTOR IX TANGERANG SELATAN, BANTEN Anung Haryono
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 3 No 2 (2014): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.492 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran komprehensif mengenai management program CAS di Global Jaya International School. Penelitian ini difokuskan kepada manajemen program creativity, action, service di Global Jaya International School di Bintaro Jaya Sektor IX, Tangerang Selatan, Banten. Mengenai pelaksanaan program CAS di Global Jaya International School, yang meliputi perencaan, pengorganisasian, penerapan, pengawasan, evaluasi, kendala, hasil yang dicapai dan dampaknya. Penelitian ini dilaksanakan di Global Jaya International School antara bulan Juni 2011 sampai Juni 2012.Obyek penelitian ini mengenai program CAS yang dilaksanakan oleh siswa Kelas 11 dan Kelas 12 di Global Jaya International School. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengamatan dan wawancara. Metode data triangulasi untuk memvalidasi data juga telah dilakukan dalam penelitian ini. Hasil studi menyimpulkan bahwa program CAS yang telah dilaksanakan di Global Jaya International School berlangsung baik dan bermanfaat bagi siswa serta masyarakat sekitar. Perlu dilaksanakan pengembangan program untuk memberi arah dan bimbingan para pihak yang berkepentingan dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang lebih baik.. Siswa tampak bersemangat dan mendapatkan nilai-nilai hidup yang bermakna melalui kegiatan CAS karena telah berhasil mengekspresikan kreativitas, aksi dan pelayanan yang telah disadari menjadi bagian yang penting bagi siswa, dan warga di lingkungan di sekitarnya.Kata Kunci : kreativitas, aksi, pelayanan, pengembangan program
EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN GURU DI SMAK METHODIST-JAKARTA Said Hutagaol
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 3 No 2 (2014): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.831 KB)

Abstract

Dalam sebuah organisasi termasuk organisasi pendidikan kesenjangan antara tuntutan kerja dengan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki sering kali terjadi. Para guru dituntut untuk meningkatkan kemampuannya, baik dalam bidang pengajaran maupun metodenya. Kemajuan dalam bidang teknologi, adanya penemuan-penemuan di bidang ilmu pengetahuan, perkembangan dalam hal metode mengajar serta keberagaman para siswa di sekolah merupakan sebagian penyebab yang mengharuskan para guru meningkatkan kemampuannya.Kesenjangan tersebut jika tidak diatasi akan berdampak pada kinerja sekolah.Menurunnya kinerja akan merugikan berbagai pihak, bukan hanya para siswa dan orang tua siswa namun juga pihak sekolah sendiri. Salah satu bentuk kerugian yang dapat terjadi adalah menurunnya jumlah siswa yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di sekolah tersebut.Salah satu upaya untuk mengatasi kesenjangan yang terjadi itu adalah melalui aktifitas pelatihan, khususnya kepada para guru. Pelatihan yang efektif akan mampu meningkatkan kinerja para guru sehingga akan mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada.Pelatihan yang dapat meningkatkan kinerja harus dirancang dan dilakukan dengan sungguhsungguh.Kesungguhan dalam merancang dan melakukan sebuah pelatihan terlihat dalam perencanaan pelatihan, pengorganisasian, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi yang dilakukan terhadap pelatihan tersebut. Selain itu sebuah kegiatan pelatihan akan dinilai efektif jika dapat menjembatani kesenjangan yang ada. Dalam penelitian ini, penulis menggali mengenai efektivitas program pelatihan yang dilakukan oleh SMAK Methodist Jakarta sebagai obyek penelitian. Dalam mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu melalui wawancara, pengamatan serta melihat dokumen-dokumen terkait yang dimiliki sekolah.Kata Kunci : Efektivitas, Pelatihan, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi Pelatihan.
HUBUNGAN STRUKTUR ORGANISASI DAN STRES DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL GURU SMA GONZAGA JAKARTA Petrus Hari Prasetyo; Witarsa Tambunan
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 3 No 2 (2014): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.24 KB)

Abstract

Professionalism of teachers requires a commitment in his work. This is the frame and the crown of life for a teacher. The challenge in many organizational commitment influenced by many factors, including organizational culture, organizational structure, leadership, leadership style, work environment, ability, personality, motivation of teachers, job satisfaction, teamwork, stress levels of teachers and other factors.This research is aimed for knowing the correlatiob between organization structure and stress on teacher organizational commitment. This research was conducted at SMA Gonzaga Jakarta by applying method of survey and correlation technique. The treatment research have been analysis by the test validity that using Pearson Product Moment correlation and the test realibity is calculated using the formula of Alpha Cronbach. The analytical requirement is normality test by Kolmogorov Smirnov, andd regression linearity test. While the hypothesis test uses simple correlation test, double correlation and regression linier and double regression. In this study, selected 35 teachers from the foundation as the unit of analysis because it hand an attachment to the organization.The result of data analysis indicates that: (1) There is positive and significant correlation between organization structure of organizational commitment with correlation coefficient 0,483 and determination coefficient 0,234 or 23,4%. (2) There is positive and significant correlation between stress of organizational commitment with correlation coefficient 0,589 and determination coefficient 0,347 or 34,7%.. (3) There is positive and significant correlation between organization structure and stress of organizational commitment with correlation coefficient 0,643 and determination coefficient 0,413 or 41,3%.Based on the results of the study can be stated as the following suggestions: (1) the teacher should be able to have self-control, able to establish communication, maintaining good physiological condition, fisikologis and maintain the behavior in order to enhance personal commitment, (2) the principal must have the ability to coordinate, empower and be a good partner for teachers, (3) the foundation must be a good home and can provide fair rights for teachers, (4) further research is needed to determine the commitment of teachers such as leadership, motivation, organizational culture and job satisfaction so that may obtainother information about efforts to increase the organizational commitment of teachers.Keywords : organization structure, stress, organizational commitment teacher
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DIKLAT PADA PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA BKKBN Hotner Tampubolon
Jurnal Manajemen Pendidikan Vol 3 No 2 (2014): JULI
Publisher : Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia Program Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.427 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan Diklat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kependudukan dan Keluarga Berencana, BKKBN. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Permasalahan ada pada fokus yaitu Efektivitas Pengelolaan Diklat di Pusdiklat Kependudukan dan KB BKKBN. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan sebanyak dua belas orang terdiri dari tiga kategori yaitu tiga orang jajaran struktural, tiga orang fungsional, dan enam orang alumni Diklat di Pusdiklat Kependudukan dan Keluarga Berencana, BKKBN. Indikator efektivitas pengelolaan Diklat adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisisdeskripsi yang bersifat kualitatif.Temuan penelitian adalah analisis kebutuhan Diklat belum dilakukan secara rutin setiap tahun, koordinasi internal belum dilakukan secara maksimal,pemanggilan peserta Diklat dirasa terlalu singkat, dan pelaksanaan evaluasi pasca Diklat belum dilakukan secara rutin setiap tahun. Hambatan yang di temui dalam pengelolaan Diklat menjadi tantangan yang menimbulkan motivasi untuk meningkatkan kualitas Diklat. Kesimpulan adalah pengelolaan Diklat di Pusdiklat kependudukan dan keluarga Berencana, BKKBN cukup efektif, karena pengelolaan Diklat cukup baik sesuai prosedur, adanya sinergitas dari berbagai unsur pengelola Diklat yaitu jajaran struktural selaku tim manajemen, dengan jajaran fungsional sebagai tim edukatif serta hubungan kerjasama dengan komponen/organisasi terkait selaku pengguna jasa Diklat. Hal ini didukung dengan Pencapaian kinerja dengan skore sekitar 115,70 poin, oleh karena itu pengelolaan diklat di Pusat Pendidikan dan Latihan keluarga Berencana, BKKBN perlu dipertahankan, bahkan secara terus menerus perlu ditingkatkan, sehingga output Diklat dapat berdampak pada peningkatan produktivitas dan kinerja aparatur pengelola program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja instansi BKKBN dalam pencapain visi organisasinya.Kata Kunci : Efektivitas, Pengelolaan, Diklat

Page 1 of 1 | Total Record : 6